Wawancara Pasti Diterima Dengan Jawaban Ini


Sudah beberapa kali mengikuti wawancara pekerjaan, tetapi belum juga ada yang masuk. Mungkinkah ada yang kurang dari jawaban-jawaban yang kamu berikan? Jika kamu merasa kurang yakin, mari kita lihat beberapa pertanyaan umum yang ditanyakan ketika wawancara serta jawabannya. Kebanyakan orang salah menjawab loh.

1. Apa Kelemahanmu (What is your weakness) ?
Jawaban terlalu pintar: Wanita (REJECT)
Jawaban pintar: Saya berkonsentrasi pada satu hal dalam satu waktu (HIRED)

Maksud dari jawaban pintar tersebut adalah menjadikan jawaban menjadi rancu/mengandung dua arti. Satu sisi bisa menjadi kelemahan karena hanya konsentrasi mengerjakan satu hal saja dalam satu waktu. Tetapi bisa menjadi kelebihan juga karena justru fokus pada satu hal hingga selesai merupakan hal yang baik. Jawaban tersebut akan membuat kelemahanmu terlihat seperti kelebihan dalam waktu yang bersamaan.
2. Alasan Kamu Meninggalkan Pekerjaanmu Sebelumnya (Reason Behind Leaving Your Last Job) ?
Jawaban terlalu pintar: Bos saya tak membiarkan saya memakai meja kerjanya (REJECT)
Jawaban pintar: Saya mencari kesempatan yang lebih baik dan memperluas skill yang saya punya (HIRED)

3. Apa Kelebihanmu (What is your strength) ?
Jawaban terlalu pintar: Saya bisa menangkap makanan yang dilempar ke udara oleh teman kerja saya (REJECT)
Jawaban pintar: Saya cepat belajar dan bekerja dengan baik bersama tim (HIRED)

4. Mengapa kami harus merekrutmu (Why shoould we hire you) ?
Jawaban terlalu pintar: Saya akan menjadi orang pertama yang like & share post Anda (REJECT)
Jawaban pintar: Jika Anda menrekrut saya, itu akan bagus untuk meperlihatkan kemampuan saya. Apapun goal yang ditetapkan, saya akan melaksanakannya dengan baik sesuai waktu yang ditetapkan (HIRED)

5. Apakah kamu menganggap dirimu sukses (Do you concider yourself succesful) ?
Jawaban terlalu pintar: Ya. Saya sudah melewati banyak hal. Kadang di atas, kadang di bawah. Saya lebih sering di atas (REJECT)
Jawaban pintar: Ya, sebagai bagian dari penghargaan saya mendapat banyak kolega (HIRED)

6. Mengapa kamu menganggur untuk waktu yang lama (Why have you been unemployed for such a long time) ?
Jawaban terlalu pintar: Susah untuk pergi ke kantor jika musim hujan (REJECT)
Jawaban pintar: Saya mencoba meningkatkan skill yang saya miliki sekaligus melakukan pekerjaan freelance (HIRED)

7. Berapa lama kamu akan bekerja di sini jika diterima (How long would you expect to work for us if hired) ?
Jawaban terlalu pintar: Sampai jam 5 sore (REJECT)
Jawaban pintar: Selama saya masih tertantang secara profesional (HIRED)

8. Ceritakan gaya manajemenmu (Describe your management style)
Jawaban terlalu pintar: Gaya saya rapi (REJECT)
Jawaban pintar: Saya berusaha untuk selalu berkoordinasi dengan atasan dan bawahan, serta mengerjakan sesuatu sesuai dengan waktu yang telah ditentukan (HIRED)

9. Apakah kamu orang tim (Are you team player) ?
Jawaban terlalu pintar: Ya, saya bermain di tim bola RT saya (REJECT)
Jawaban pintar: Ya, tim yang saya punya mengerjakan tugas dengan baik dan tepat waktu (HIRED)

10. Posisi apa yang kamu inginkan dalam sebuah tim proyek (What position do you prefer on a team working on a project) ?
Jawaban terlalu pintar: Posisi dimana saya tak akan merasa pusing atau sakit punggung (REJECT)
Jawaban pintar: Bukan menjadi masalah selama saya mendapatkan ilmu baru dalam proyek (HIRED)

11. Apa yang mengganggumu dari seorang teman kerja (What irritates you about coworker) ?
Jawaban terlalu pintar: Mereka terkadang tidak memakai deodorant (REJECT)
Jawaban pintar: Saya percaya kerjasama. Bahkan jika ada yang menggangu, tidak menjadi masalah selama tidak mempengaruhi saya secara pribadi (HIRED)

12. Ceritakan pada kami bagaimana kamu bekerja dibawah tekanan (Tell us about your ability to work under pressure) ?
Jawaban terlalu pintar: Saya cepat-cepat menyelesaikan pekerjaan saya untuk segera pergi ke toilet (REJECT)
Jawaban pintar: Saya mencoba untuk tetap tenang. Kesabaran dan multitasking biasanya membantu dalam hal seperti ini (HIRED)

13. Bagaimana kamu melihat dirimu 5 tahun lagi (How do you see yourself 5 years from now) ?
Jawaban terlalu pintar: Saya melihat diri saya menonton tim sepakbola negara saya ikut final world cup (REJECT)
Jawaban pintar: Saya melihat diri saya sebagai manager yang mengurusi portofolio penting perusahaan ini (HIRED)

14. Apa ekspektasi kamu soal pekerjaan ini (What are your expectations about this job) ?
Jawaban terlalu pintar: Saya berkespektasi bisa dapat kopi dan snack pagi, serta bisa sering bolos (REJECT)
Jawaban pintar: Kemajuan profesional dan masa depan yang baik (HIRED)

15. Kamu punya pertanyaan untuk kami (Do you have questions for us) ?
Jawaban terlalu pintar: Dimana toilet gedung ini? (REJECT)
Jawaban pintar: Kapan saya bisa bergabung? (HIRED)

Itulah rangkuman beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan dalam interview pekerjaan. Sering mendapat pertanyaan tersebut ketika interview? Jika ya, maka sebaiknya kamu persiapkan jawaban pintar kamu. Gunakan panduan di atas. Modifikasi agar kata-katanya sedikit berbeda dan sesuai diri kamu. Karena bisa saja orang yang interview kamu juga baca artikel ini. Bisa gawat kalau kamu menjawab dengan kata-kata yang sama.
So, Semoga kamu segera mendapat pekerjaan. Good Luck, Good People!

Artikel ini terinspirasi dari Infografis oleh Amol Mahajan


Wawancara Pasti Diterima Dengan Jawaban Ini Wawancara Pasti Diterima Dengan Jawaban Ini Reviewed by Admin on November 12, 2016 Rating: 5

No comments:

Comment in a good way. It is representing you.

Powered by Blogger.