Review ASUS A456U Series Core I5 - 7200U

Review ASUS A456U Series Core I5 - 7200U

ceritakekamu.blogspot.com
ASUS A456U Series Core i5 - 7200U

Sekitar bulan lalu, saya membeli ASUS A456U Core i5 7200U ini. Ini merupakan penyempurnaan dari seri 6200U sebelumnya. Sebelumnya saya mencari seri dengan kode JB atau JN, tetapi ketika mendatangi store-store pembelian PC barang tersebut sudah tidak ada karena berhenti produksi. Saya disarankan untuk membeli seri ini. Karena bukan ahli PC, saya langsung surfing di internet bagaimana review-review Laptop seri ini. Tapi masih jarang yang membahasnya. Maklum mungkin waktu itu masih baru keluar. Saya lihat saja spesifikasinya. Berikut spesifikasi Laptop ini:

  • Processor: Intel Core i5 7200U (generasi ke7)
  • Memory: 4 GB
  • Hardisk: 1 TB
  • VGA: Nvidia GT930MX 2GB
  • Tampilan: 14 Inci
 Fitur Umum:

AC AdapterYa
Battery Life1-5 jam
Tipe ProcessorIntel Core i5 7200U
Ukuran layar14.0''
Graphics Memory4GB
Hard Drive Capacity1TB
Input/Output PortsHDMI
ModelAsus A456U
Sistem OperasiWindows
Processor TypeQuad-core
Ukuran (L x W x H cm)10 X 10 X 10
Berat (kg)+/- 3kg
Software OfferingsWindows 10/DOS
RAM4GB
TouchpadYes
Warranty period1 Tahun
Tipe garansiGaransi Global Asus 2 years
Wireless ConnectivityWifi

Untuk warna tersedia warna silver, merah, biru, abu-abu, dan putih. Berikut penampakan Laptop yang saya beli.
Tampak Depan

Tampak Depan

Tampak Samping Kanan

Tampak Samping Kiri

Tampak Belakang

Dari gambar di atas sudah cukup tergambarkan bagaimana spesifikasi laptop ini. Selanjutnya adalah pendapat subjektif saya dalam memakai laptop ini.


Untuk laptop ini saya menggunakan Windows 10. Yang saya rasakan ketika proses booting cukup cepat. Instan On yang cuma 2 detik sepertinya memang benar, terbukti ketika saya melakukan proses sleep dan membukanya kembali, prosesnya begitu cepat. Semua Port sudah saya coba kecuali DVD, dan berfungsi normal. Keypad dan touchpad cukup nyaman digunakan. Yang saya suka adalah ada jarak yang lebar disamping kiri dan kanan touchpad. Ini membuat nyaman ketika mengetik karena bisa dijadikan penyangga tangan. Layar monitor cukup jernih sesuai dengan spesifikasinya.


Ketika membeli saya menambahkan RAM sebesar 4 GB, jadi RAM Laptop Asus A456U ini menjadi 8 GB. Asus memang sengaja menambah slot untuk menambah RAM dan ini tidak merusak garansi asal dilakukan oleh toko resmi atau Service Center ASUS. Setidaknya itu yang dikatakan Dealer ASUS tempat saya membeli Laptop ini.

Laptop dengan Windows 10 ini terdapat Cortana dengan perintah berbahasa Inggris dan juga terdapat windows store. Dengan Cortana kita bisa melakukan perintah mulai dari setting alarm, hingga mengirimkan email menggunakan akun email kita. Keuntungan ada Windows Store adalah kita bisa mendownload apapun yang ada disitu. Sejak awal saya langsung melihat beberapa game dan mendownloadnya. Saya mendownload game kecil seperti candy crush hingga game cukup besar seperti War of Tank, Aspalt 8, Overkill, dan lainnya. Laptop ini juga dapat dikoneksikan dengan X-box. Sayangnya saya tak punya X-box jadi belum dipakai fitur ini. Ketika bermain game sangat lancar dengan grafik yang cukup baik dan enak dipandang mata.

Laptop ini kemudian saya upgrade ke windows 10 terbaru. Beberapa tampilan berubah. Sempat nge-lag ketika multitasking, tapi kemudian normal kembali. Ternyata masalahnya ada pada antivirus lokal yang saya install terlalu berat dan juga game yang saya install super banyak. Setelah saya hapus normal kembali. Satu masalah lagi adalah touchpad klik kanan tiba-tiba tidak berfungsi. Saya sempat khawatir jika rusak, meski masih bisa menggunakan mouse dengan normal, tapi tetap saja mengganggu. Setelah di trace, ternyata drivernya ada yang rusak ketika upgrade. Setelah searching-searching cara membetulkannya, maka normal kembali.

Kamera laptop ini belum HD, tetapi tidak masalah karena saya jarang menggunakannya. Untuk suara, nyaman di dengar. Mungkin ini berkat teknologi ASUS terbaru. Letak speakernya ada di bawah Laptop. Sementara baterai laptop ini tidak bisa dilepas alias menyatu. Menurut sang penjual, baterainya saat ini berbentuk lempengan polimer yang membuat daya semakin besar, tetapi hemat meskipun harus menyesuaikan tempatnya sehingga tidak dibuat dapat dilepas. Tenang saja, ketika di isi daya hingga full, maka akan stop sendiri meski belum dicabut kabelnya. 

Daya baterai cukup lama. Untuk menonton movie bisa berjam-jam, apalagi jika hanya untuk office. Dengan multitasking browsing, game, dan office baterainya pun masih cukup lama. Sedangkan ketika diisi ulang, hanya memakan waktu sekitar 60-90 menit. Ketika diisi ulang dala kondisi menyala, maka kecepatan isi akan lebih besar. Saya lupa sebutan untuk fitur ini apa. Laptopnya pun terhitung tak cepat panas meskipun multitasking berbagai aplikasi.

Terkahir, setelah saya lihat katalog edisi Januari 2017 dari ASUS, serie ini berubah menjadi A456UR. Kalau dilihat spesifikasinya hampir sama. Harga yang ditawarkan adalah Rp 7.800.000. Saya sendiri menawar hingga dapat 7.800.000 sudah termasuk menambah RAM 4GB seharga 300-400ribu. Dan saya menambah 100ribu lagi karena ingin ditambahkan anti gores dan keypad protector. Oh iya, Dalam kardusnya mendapat hadiah tas dari ASUS juga.

Sekian review dari saya. Jika ada update lagi, akan saya segera tulis disini. Semoga membantu bagi yang akan membeli.



































Review ASUS A456U Series Core I5 - 7200U Review ASUS A456U Series Core I5 - 7200U Reviewed by Admin on January 08, 2017 Rating: 5

63 comments:

  1. apa benar ketika sudah 100% baterai akan automatis tidak mengisi? apakah ketika dinyalakan juga seperti itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau saya teknologi saat ini rata-rata sudah seperti itu. Baik HP maupun laptop. Dan untuk laptop ini., menurut saya sudah otomatis berhenti ketika 100% begitu juga dalam keadaan nyala.

      Delete
  2. buat ngedotaan bisa nih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum pernah coba sih. Tapi harusnya bisa.

      Delete
    2. bisa gan saya udah coba, soalnya type laptop saya sama persis seperti yg di deskripsikan, asus a456u

      Delete
  3. Maaf mas, saya mau nanya.. cara mengaktifkan wifinya gimana ya mas?? Mohon pencerahannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai Windows berapa ya?
      Kalau Windows 10 dan sepertinya windows lainnya, cukup klik aja di gambar pojok kanan atas yang seperti icon signal wifi. Pilih deh wifinya. Kalau belum ada gambar icon wifinya, cari saja di bagian setting, nanti cari wifi/internet connection, disana tinggal hidupkan saja.
      Kalau window 10 bahkan bisa set wifi, hotspot, airplane mode, vpn, ethernet dll, seperti HP saja.

      Delete
  4. mas mau nanyak, kalau di tambah ram 8gb bisa gak ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya kurang tahu detailnya. Tapi setahu saya itu upgradeable to 8GB. Jadi maksimal 8 GB. Awalnya sudah ada 4GB, di tambah 4GB, jadi 8GB. Untuk pastinya bisa kunjungi counter ASUS/Call Centernya.

      Delete
    2. counter asusnya dimana ya gan kalo boleh tau?

      Delete
    3. Halo Faishal,

      Saya di mangga dua. Coba ke ASUS centre langsung, jangan toko biar aman garansi. Takutnya kalo toko biarpun authorized, kalo segel rusak ya gak bisa ganti/tanggung jawab.

      Delete
    4. Min, Mau tanya jenis RAM nya apa ya kalo boleh tau? ane pake asus ini juga

      Delete
  5. Kalo masuk di word, cursor atas bawahnya yang bisa naik turun ituu kok ga berfungsi yh mas? Mohon pencerahanx 🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau itu saya kurang tahu gan. Coba aja utak-atik di Ms Word nya. Di Menu File-Options-Word Option-Advanced.
      Kalo buat nampilin scroll bar klik lagi di display. udah tinggal centang yang pengin di display.

      Delete
  6. standar harga asus tipe ini berapa kira2, jwb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini saya beli sesuai penjelasan saya di atas total 7,8 dengan segala kelengkapannya. Untuk sekarang mungkin sudah turun 500 ribuan. Secondnya mungkin bisa 6,5 an.

      Delete
  7. Gan, misi mau nanya, kalau capslock itu gak ada lampu penandanya yah?

    ReplyDelete
  8. mau nanya dong gan, merek ram nya apa ya? saya mau upgrade ram juga nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo gan Ulil,
      Saya nambah pakain Kingston.
      Saran tambah RAM di ASUS Centre biar garansi aman

      Delete
  9. Ada yang bilang RAM nya nggak bisa ditambah. Yang benar yang mana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kok gan, sudah saya buktikan. Untuk tipe ini bisa.

      Delete
    2. yg cocok ram merek apa min

      Delete
  10. Bang saya mau nanya, untuk laptop ini sendiri buat di pakai ngegaming itu aman ga ya? Ato sambil "charge" saat gaming itu juga gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. So far aman, baterai cukup tahan lama. Untuk dipakai game ber jam-jam non stop belum pernah coba apalagi sambil dicharge. Kalau di charge sambil buat ngerjain yang lain pernah dan aman saja.

      Delete
  11. Waktu beli itu windows bajakan atau asli gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu saya beli emang asli dari ASUS nya DOS gan, belum ada windows nya

      Delete
  12. gan kata orang klo windows bawaan asus kata nya bisa eror.emang iya ?

    ReplyDelete
  13. kita samaaan,,hahaha,,punya saya red.

    ReplyDelete
  14. Mas Ram leptopnya DDR4 ATAU DDR3L

    ReplyDelete
  15. Mas mau nanya..kira kira laptop jenis diatas sama asus vivobook A442ur lebih bagus mana ya

    ReplyDelete
  16. Mas mau nanya..kira kira laptop jenis diatas sama asus vivobook A442ur lebih bagus mana ya

    ReplyDelete
  17. gan mau tanya apakah pas beli asus ada buku garansinya???

    ReplyDelete
  18. Nice info, terima kasih ka. Saya baru beli laptop asus A456U minggu lalu, dan sekarang lagi cari cari reviewnya, dan ternyata fitur alarm dan xbox baru saya sadari ada setelah baca blog kaka. Tapi laptop saya ini OS nya bukan windows melainkan DOS, tapi dari pihak dealer nya yg menambahkan Windows 10 tapi bukan yg original

    ReplyDelete
  19. Kalau untuk desain grafis dan video editing, tipe laptop ini mendukung ga ya, Gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa gan, saran sih tambah ram dulu.. Karena software design cukup memakan ram saat proses rendering

      Delete
  20. Saya mau nanya, laptop ini jenis slot RAM nya DDR apa ya?

    ReplyDelete
  21. Asus A456U core i5 - 7200U/BGA sudah termasuk lumayan lebih dari cukup, yaah meskipun masih ada yg core i7.. Balik lagi ke selera masing" & kebutuhan karena manusia ga ada puasnya jika tidak bersyukur.. :)

    ReplyDelete
  22. Kenpa sound tidak suppor z menggunnakan w 10 pro

    ReplyDelete
  23. Kenpa sound tidak suppor z menggunnakan w 10 pro

    ReplyDelete
  24. Setelah full charge, kira-kira awet berapa jam, misal untuk dipakai browsing dan youtube, dapat ngga 5 jam

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu itu saya sempat tahan 2 jam(gaming) kalau browsing, nugas, youtube 4+ kayaknya

      Delete
  25. Gan jawab gue dong please. Ini proci sama gpu bisa diupgrade ngak please share

    ReplyDelete
  26. slot ramnya asus a456u ini ada berapa ya gan?

    ReplyDelete
  27. Bisa Gonta Ganti Windows gk yah?

    ReplyDelete
  28. Bisa Gonta Ganti Windows gk yah?

    ReplyDelete
  29. Permisi kak, untuk laptop ini ram nya support sampai berapa gb ya?

    ReplyDelete
  30. Gan mau tanya dong .
    Ram nya kalo saya tambahin 8gb bisa ga si ya ?
    Di spesifikasi si saya liat up to 8gb doang .
    Info dong .

    ReplyDelete
  31. Bang nanya ni kok laptop asus 456ur saya upgrde smape 12 gb ya
    Dan satu lagi.bang asus456ur i5 7200 slot ramnya ada brp

    ReplyDelete
  32. Bang nanya ni kok laptop asus 456ur saya upgrde smape 12 gb ya
    Dan satu lagi.bang asus456ur i5 7200 slot ramnya ada brp

    ReplyDelete
  33. Kalo mau tambah ram laptop ini pake v gen yang pc tipe berapa yaaa??

    ReplyDelete
  34. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  35. Gan itu ram nya DDR berapq ya?

    ReplyDelete
  36. Itu untuk desain grafis dah editing Vidio rekomended ga gan ya

    ReplyDelete
  37. Numpang share,klo utk desain n editing sebenarnya kmbali lgi ke software yg dipakai,tapi klo cuma utk.desain dg.corel atau photoshop sdh.bisa dan utk.editing vidio semisal pake filmora juga sdh support gan.terima kasih

    ReplyDelete
  38. Kak, RAM nya ddr3 atau ddr4 ya?

    ReplyDelete
  39. DDR4 nya, berapa GHZnya ya kak ?

    ReplyDelete
  40. mau tanya dnk .. ada yang sudah pernah menggunakan screen mirroring dari HP ?
    ada yang berhasil tak ?
    trus apa kah laptop ini support wireless display atau harus beli lagi donglenya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa kok saya. coba cari setting, apps & features, optional features, muncul list. coba cari wireless display uda terinstall apa belum kalau belum, coba cari add feature, terus install wireless display di list

      Delete

Comment in a good way. It is representing you.

Powered by Blogger.