Definisi E Commerce dan Contohnya

Apa yang dimaksud dengan e commerce, usaha e commerce, transaksi e commerce, fungsi e commerce? Mungkin kita sering mendengar istilah tersebut tetapi masih belum terlalu paham dengan istilah e commerce. Artikel e commerce berikut semoga dapat memberikan penjelasan secara tepat apa yang dimaksud e commerce.

Jika diartikan secara harfiah ke dalam bahasa indonesia, E commerce (electronic commerce) adalah perdagangan secara elektronik/online. Electronic=elektronik, commerce=perdagangan.

Lalu, menurut Wikipedia yang dimaksud e commerce adalah sebagai berikut:
“E-commerce (Electronic Commerce) adalah transaksi pembelian atau penjualan online. Electronic commerce mengacu pada teknologi seperti mobile commerce, transfer dana elektronik, manajemen rantai pasokan, pemasaran Internet, proses transaksi online, pertukaran data elektronik (EDI), sistem manajemen persediaan, dan sistem pengumpulan data otomatis. perdagangan elektronik modern biasanya menggunakan World Wide Web setidaknya satu bagian dari siklus hidup transaksi ini meskipun juga dapat menggunakan teknologi lain seperti e-mail”

Transaksi e commerce adalah transaksi perdagangan yang dilakukan melalui elektronik atau online. Transaksi tersebut dapat berupa jual beli antara konsumen ke konsumen, bisnis ke konsumen, bisnis ke bisnis hingga bentuk-bentuk lainnya.

Biasanya, E-commerce bisnis dapat menggunakan beberapa atau semua hal berikut:
a.       Situs web belanja online untuk penjualan ritel langsung kepada konsumen
b.      Menyediakan atau berpartisipasi dalam pasar online, yang memproses pihak ketiga bisnis-ke-konsumen atau consumer-to-consumer penjualan
c.       Business-to-bisnis jual beli
d.      Mengumpulkan dan menggunakan data demografi melalui kontak web dan media sosial
e.      Business-to-business (B2B) pertukaran data elektronik
f.        Pemasaran untuk pelanggan prospektif dan didirikan oleh e-mail atau fax (misalnya, dengan newsletter)
g.       Terlibat dalam pretail untuk meluncurkan produk dan layanan baru
h.      Bursa keuangan online untuk pertukaran mata uang atau tujuan perdagangan

E commerce bisa diartikan juga melakukan bisnis online (biasanya via website), penggunaan internet dan web untuk transaksi bisnis, alat yang digunakan untuk transaksi komersial antara organisasi bisnis dengan individual, atau sesuatu yang merujuk pada aktivitas bisnis yang diadakan dengan menggunakan transmisi data elektronik dan world wide web (www).

Jika bisa disimpulkan bahwa e commerce adalah suatu perdagangan yang merujuk pada transaksi melalui internet (online)/elektronik untuk proses data. Kalau hal-hal lain sudah tersedia seperti back office, payment gateway, pengiriman, hingga layanan purna jual, maka itu sudah dinamakan e business (electronic business).
Berikut adalah contoh gambaran urutan alur kerja e commerce (sumber: produk solusi e commerce dari perusahaan farrellconlan):
Proses E commerce
picture: http://farrellconlan.com/e-commerce-solutions/ diakses pada 7 februari 2017
1. Dari gambar tersebut, dapat dijelaskan bahwa proses e commerce akan dimulai ketika seorang pembeli melakukan pembelian di toko online melalui internet yang secara keamanan telah terjamin.
2. Konsumen akan diminta data diri. Data tersebut biasanya disimpan oleh online store/bisnis sebagai data alamat pengiriman barang dan juga sebagai database client yang akan digunakan sebagai bahan pemasaran/pertimbangan bisnis selanjutnya.
3. Setelah mengisi data diri, maka store/toko online akan memberikan pilihan pembayaran pada konsumen. Konsumen akan memilih sistem pembayaran dalam payment gateway. Biasanya para pelaku e commerce profesional sudah mempunyai payment gateway lengkap mulai dari atm, online banking, kartu kredit, kartu debit, hingga cash. Sistem akan memberikan perintah/tagihan kepada bank/e money/lembaga payment milik konsumen untuk membayar sejumlah uang sesuai nilai pembelian barang.
4. Setelah sukses, maka sistem akan memberikan informasi kepada seller tentang konfirmasi pembayaran dan siap mengirimkan barang.
5. Proses pengiriman
6. Terakhir, konsumen akan menerima barang yang telah dibelinya melalui transaksi online.

Contoh e commerce yang sukses di dunia adalah sebagai berikut:
1.      MENJUAL SAOS PEDAS SENILAI $170,000 ATAU KURANG LEBIH RP1.700.000.000  DALAM SEPULUH BULAN
Casey dan Morgan membuat saus pedas mereka sendiri dengan menggunakan madu dan cabai mentah serpih, dan dijual $ 170.000 dalam waktu 10 bulan.
E commerce saos pedas casey and morgan

2.      TERPIDANA MEMBUAT BISNIS ONLINE YANG MENGHASILKAN $80.000 ATAU SEKITAR RP800.000.000 PER BULAN DALAM PENJUALAN
Tidak peduli apa yang terjadi padamu di masa lalu, jika terus bekerja keras, tekun dan terus belajar, Anda juga bisa berhasil dalam membangun bisnis.

Robert Nava adalah narapidana yang keluar dari lembaga pemasyarakatan. Ia di sana sejak 11 tahun hingga umur 27 tahun. Tapi, itu tidak menghentikan dia dalam mencapai keberhasilan dalam menjual perlengkapan outdoor.

E commerce national parks depot

Ia berfokus pada membangun bisnis dropshipping. Dropshipping adalah bisnis yang menjualkan produk orang tanpa harus stok barang, jadi hanya display di internet dan akan mendapat upah atau marjin dari penjualan. Ia melakukan hal tersebut karena ia tidak memiliki produk sendiri untuk dijual.

Berhasil dalam membangun bisnis e-commerce tidak dipengaruhi masa lalu Anda. Anda dapat mengontrol masa depan Anda sendiri jika Anda memberikan diri Anda untuk melakukannya.

3.      BAGAIMANA ORANG TUA INI MENJUAL POLA PAKAIAN BONEKA DAN MENDAPATKAN $ 50.000 ATAU SEKITAR RP500.000.000 PER BULAN DI PENJUALAN
Jason dan Cinnamon menemukan masalah yang perlu pemecahan, memanfaatkan keterampilan mereka, dan menjual produk digital untuk pelanggan mereka. Mereka menjual pola pakaian untuk boneka. Pola ya, bukan barangnya.

E commerce Jason and Cinnamon

Ini adalah contoh yang bagus tentang bagaimana produk digital bekerja, bagaimana mereka lebih bisa didongkrak dari produk fisik, dan alat apa yang mereka digunakan untuk menjual produk digital.

Itulah tadi penjelasan mengenai definisi e commerce dan contohnya. Jika ada tambahan atau koreksi, silakan tulis di kolom komentar di bawah. Semoga artikel e commerce ini dapat membantu.

Sumber:
https://en.wikipedia.org/wiki/E-commerce diakses pada 7 februari 2017
http://farrellconlan.com/e-commerce-solutions/ diakses pada 7 februari 2017
http://www.slideshare.net/hardikkakadiya167/e-business-or-ebuss diakses pada 7 februari 2017
http://slideplayer.com/slide/6235049/ diakses pada 7 februari 2017
http://thedashblog.com/images/explain%20the%20difference%20between%20e-business%20e-commerce%20and%20e-marketing diakses pada 7 februari 2017
Definisi E Commerce dan Contohnya Definisi E Commerce dan Contohnya Reviewed by Admin on February 07, 2017 Rating: 5

1 comment:

  1. Terima kasih infonya. Sangat bermanfaat, saya jadi tahu apa e-commerce dan contohnya. Kenalkan nama saya Aditya Ramadhan ( 1722500074 ) dari Atma Luhur. Jangan lupa juga kunjungi website kampus saya https://www.atmaluhur.ac.id

    ReplyDelete

Comment in a good way. It is representing you.

Powered by Blogger.