Pengertian E Business dan Contohnya


Apa pengertian dari e business dan contohnya? Mungkin kita sering mendengar istilah tersebut tetapi masih belum terlalu paham dengan istilah e business. Artikel e business berikut semoga dapat memberikan penjelasan secara tepat apa yang dimaksud e business beserta contohnya.

E Business dan Contohnya


Berikut beberap pengertian dari e business dari berbagai sumber:

Jika diartikan secara harfiah ke dalam bahasa indonesia, E business (electronic business) adalah bisnis secara elektronik/online. Electronic=elektronik, business=bisnis/kegiatan penjualan barang dan jasa untuk memperoleh keuntungan.

Menurut Webopedia eBusiness (e-Bisnis), atau Bisnis Elektronik, adalah kegiatan melakukan bisnis melalui Internet. Ini akan mencakup pembelian dan penjualan barang dan jasa, bersama dengan menyediakan dukungan teknis atau pelanggan melalui Internet.

E business adalah istilah yang lebih luas dari e commerce yang termasuk di dalamnya bukan hanya pembelian dan penjualan barang dan jasa, tetapi juga pelayanan konsumen, kolaborasi dengan partner bisnis, transaksi elektronik di dalam perusahaan seperti membuat peta dengan arah dari rumah konsumen ke kantor usaha. Semua e commerce adalah e business, tetapi tak semua e business adalah e commerce.

E business adalah integrasi dari software bisnis yang bertujuan untuk membuat nilai bagi perusahaan, para klien, dan partnernya. Di dalamnya bisa terdapat pembelian, penjualan, CRM, kolaborasi, riset, promosi, komunikasi (internal & eksternal), HRM, dll.

E business adalah melakukan fungsi utama bisnis dengan sistem elektronik (e-finance, e-HRM, e-procurement, e-marketing,e-manufacturing, e-management, dll). E business mengkoneksikan sistem bisnis yang bersifat kritis secara langsung kepada konsumen, karyawan, partner, dan suplier menggunakan teknologi internet.

Sedangkan menurut wikipedia, Bisnis Elektronik atau e-bisnis adalah istilah yang dapat digunakan untuk setiap jenis bisnis atau transaksi komersial yang meliputi berbagi informasi di internet. E bisnis mengacu pada bisnis dengan bantuan internet yaitu melakukan bisnis dengan bantuan jaringan internet. Istilah "e-bisnis" diciptakan oleh pemasaran dan Internet tim IBM pada tahun 1996.

Jadi, kesimpulannya e business adalah kegiatan atau proses bisnis yang dilakukan melalui elektronik dengan melibatkan internet sebagai salah satu bagian pentingnya dan merupakan keseluruhan proses bisnis (bukan hanya transaksi penjualan dan pembelian saja).

Lalu, apa alasan bisnis/organisasi seharusnya memakai internet dalam bisnis? Berikut adalah kelebihan dan keuntungan e business:

a.       Akses ke pasar global

b.      Berpotensi untuk memperluas pilihan-pilihan konsumen

c.       Memudahkan interaksi antara stakeholder perusahaan termasuk juga para konsumennya

d.      Berpotensi menurunkan biaya dan lebih efisien

e.      Transaksi menjadi cepat, mudah dan nyaman

f.        Bisa mendekatkan supplier, produsen, distributor dan konsumen dalam satu sistem

g.       Keputusan dapat diambil lebih baik dan lebih cepat karena data tersedia

h.      Memperluas intelejensi bisnis dan manajemen informasi

Tantangan dan risiko e business:

a.      Security (keamanan)

Tingkat keamanan transaksi dalam internet mungkin masih dipertanyakan berbagai pihak. Dengan beberapa sistem keamanan bukan berarti menghindarkan dari serangan hacker yang berniat tidak baik.

b.     Privasi konsumen

Dalam transaksi bisnis secara online, konsumen biasanya diwajibkan mengumpulkan data pribadi dan tanda tangan online. Sehingga, perusahaan dapat benar-benar melihat berbagai pola transaksi dan kegiatan konsumen. Tidak ada jaminan 100% data tersebut tidak diselewengkan untuk hal-hal yang tidak baik. Saat ini sudah ada aturan yang mengatur privasi baik offline maupun online di berbagai negara. Konsumen hanya bisa berharap pada penerapan aturan tersebut sehingga data mereka menjadi aman.

c.      Ketertinggalan Teknologi dan Informasi

Mungkin belum semua konsumen terkoneksi ke dalam internet. Begitu juga mungkin para supplier atau distributor masih belum bisa mengakses teknologi karena perangkat yang belum mendukung. Sementara investasi perangkat membutuhkan dana yang cukup besar. Beberapa perusahaan masih belum mau mengarah kesana meskipun tahu akan kelebihan yang bisa didapatkan













Sumber:

https://en.wikipedia.org/wiki/Electronic_business

www.webopedia.com/TERM/E/eBusiness.html

http://www.slideshare.net/JohannaHeinonen/introduction-to-e-business

http://www.1000ventures.com/business_guide/e-business_main.html

http://www.slideshare.net/AbhishekRaj18/final-ppt-of-e-business


Pengertian E Business dan Contohnya Pengertian E Business dan Contohnya Reviewed by Admin on February 08, 2017 Rating: 5

No comments:

Comment in a good way. It is representing you.

Powered by Blogger.