Cara Cepat Tidur Malam dan Mengatasi Susah Tidur di Malam Hari

Cara Cepat Tidur Malam

Cara Mengatasi Susah Tidur di Malam Hari, cara agar cepat tidur dan bangun pagi

Banyak orang mencari cara mengatasi susah tidur di malam hari. Alasannya karena tidur yang merupakan kunci agar tubuh kembali bugar untuk melakukan aktivitas lagi. Akan tetapi, bagi sebagian orang tidur tidak semudah membalikkan telapak tangan. Terkadang untuk tidur bisa membutuhkan waktu berjam-jam. Terlebih bagi yang insomnia, tidur akan menjadi sangat sulit meskipun tubuh merasa lelah. Kamu bisa lakukan cara agar cepat tidur dan bangun pagi di bawah ini untuk mengatasi kebiasaanmu.
1.       Kasur yang Nyaman
Pemicu untuk bisa tidur adalah sesuatu yang nyaman. Jadi, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan alat tidur yang nyaman seperti kasur, bantal, guling, atau selimut yang hangat dan empuk. Tiap seminggu sekali kamu bisa jemur bantal dan peralatan itdurmu. Bersihkan juga tempat tidurmu sebelum kamu gunakan. Ganti sprei secara berkala. Pakailah kaos kaki hangat jika suasana cukup dingin. Itu membuat kamu semakin nayaman dan akan mudah tidur.

2.       Pemanasan dan Mandi
Kenapa pemanasan? Bukankah itu membuat bersemangat dan tak bisa tidur? Jangan salah. Pemanasan kecil seperti peregangan otot bisa membuat tubuh merasa nyaman. Hal tersebut karena tubuh akan mengeluarkan endorfin yang akan memberi perasaan nyaman. Kamu mungkin sering merasakannya ketika olahraga dan merasa sangat lelah, tapi tubuhmu justru merasakan sensai nyaman. Alasan lainnya kamu perlu pemanasan adalah ‘sedikit’ lelah membantu cepat tidur.
Setelah itu, cobalah mandi air hangat. Air hangat membuat otot-otot tubuh yang kaku menjadi normal kembali. Sensasi rileks setelah mandi akan lebih terasa saat kamu berbaring di tempat tidur. Kamu akan segera merasa nyaman dan lebih cepat untuk tidur.

3.       Minum Susu
Sewaktu kita kecil mungkin kita sering diminta untuk meminum susu sebelum tidur. Saat dewasa kamu mungkin sudah jarang atau bahkan tidak pernah lagi melakukannya. Terlepas dari bagus tidaknya minum susu sebelum tidur, kamu bisa mencoba minum susu hangat sebelum tidur. Beberapa orang merasa minum susu hangat sebelum tidur membuat mereka cepat tidur. Ya, apa salahnya dicoba untuk membuatmu cepat tidur.

4.       No Internet, TV, atau Gadget Lain
Inilah gangguan yang paling sering dialami orang-orang di zaman modern. Kamu bisa saja tidak tidur semalaman hanya karena menonton acara favorit di TV atau video-video di Youtube, lihat feed instagram, browsing, stalking dan lainnya. Kalau kamu ingin tidur cepat, matikan semua gadget kamu. Itu akan sangat membantu. Beberapa orang juga percaya radiasi dari alat-alat elektronik mengganggu kenyamanan tidur. Buatlah batas waktu maksimal kamu menggunakan gadget.

5.       Matikan Semua Lampu
Setelah gadget, lampu juga perlu dimatikan. Bukan hanya lampu, hindari semua cahaya. Kamu akan tidur lebih cepat tanpa cahaya. Tubuh kamu juga akan bekerja maksimal jika tidur dalam keadaan gelap. Kamu tentu tahu kan jika tubuhmu tidak sepenuhnya berhenti bekerja ketika kamu tidur? Otakmu akan terus berjalan, lambungmu akan memproses makanan, hati akan menetralkan racun, dan begitu juga organ lainnya akan bekerja. Jika tidurmu berkualitas, maka semua akan bekerja lebih maksimal.

6.       Dengarkan Musik
Musik yang tenang bisa membuatmu merasa nyaman dan cepat terlelap. Musik instrumental, suara alam, burung, ombak, dan suara menenangkan lainnya bisa membuatmu cepat tidur. Musik tersebut tersedia di internet cukup banyak. Bahkan jika kamu mencari di Youtube, beberapa channel akan memberikan berjam-jam musik intrumental atau musik pengantar tidur. Cukup putar di alat musik kamu dan set timer untuk otomatis mati setelah beberapa jam karena dijamin kamu sudah tidur.

7.       Latihan Pernapasan
Dengan mengolah napas secara sederhana seperti tarik napas melalui hidung dan hembuskan napas melalui mulut, kamu bisa tidur lebih cepat. Olah napas membuat adrenalin jantungmu menurun. Sehingga, kamu bisa merasa lebih tenang. Itu merupakan kondisi ideal untuk cepat tidur. Cukup lakukan tarikan napas panjang dengan perlahan, simpan 5 detik di dalam perut dan hembuskan melalui mulut secara perlahan. Lakukan hal tersebut selama beberapa kali sambil mendengarkan musik tenang. Dalam beberapa saat kamu akan tertidur.

8.       Hindari Tidur Siang Terlalu Lama
Ini yang sering dilakukan banyak orang. Mereka tidur siang kelewat panjang. Tidur siang selama 1-1,5 jam memang baik untuk badanmu, tapi jangan terlalu lama. Jika tidur siang terlalu lama, bisa dipastikan kamu akan lebih sulit tidur. Jam produktifmu akan berpindah ke malam hari. Jadi, tidur siang seperlunya saja.

9.       Buat dan patuhi Jam Malam
Terakhir adalah patuhi jam malam. Sebelum menginginkan dapat tidur malam yang cepat dan bisa bangun pagi, kamu harus membuat jam malam. Artinya, kamu harus menetapkan batas waktu kamu melakukan aktivitas apapun. Jika tiba jam malammu, kamu harus segera bergegas tidur. Kamu bisa menggunakan alarm sebagai pengingat. Hal ini perlu dilakukan selama paling tidak 2 minggu berturut-turut. Secara psikologis kamu akan mematuhi jam tersebut jika disiplin melakukannya. Seperti pepatah ‘bisa karena terbiasa’, itulah yang perlu kamu lakukan. Jika tidak, kamu akan lebih sering tidur tidak teratur dan mungkin susah untuk bangun pagi.
Cara Cepat Tidur Malam dan Mengatasi Susah Tidur di Malam Hari Cara Cepat Tidur Malam dan Mengatasi Susah Tidur di Malam Hari Reviewed by Admin on January 30, 2017 Rating: 5

No comments:

Comment in a good way. It is representing you.

Powered by Blogger.