Tips Hidup Hemat dan Tetap Bahagia

Tips Hidup Hemat dan Tetap Bahagia


Biasanya gaya hidup seseorang akan mengikuti tingkat penghasilan. Semakin besar penghasilan, gaya hidup juga akan meningkat dan otomatis pengeluaran juga meningkat. Kalau seperti itu, selama penghasilanmu tak lebih tinggi dari gaya hidup kamu, maka akan susah kamu untuk mengumpulkan uang. Ada beberapa cara gampang untuk hidup hemat, tapi kamu tetap setidaknya bisa menikmati hidup dan gaya dalam hidup.

1. Tetapkan Tujuan

Kebanyakan orang hidup hemat karena tekanan tertentu. Bisa karena terbatasnya penghasilan atau juga karena punya suatu target dalam hidup, misalnya beli rumah, beli gadget, dan sebagainya. Mungkin selama ini kamu besar pasak daripada tiang. Kekurangan itu kamu penuhi dengan berutang atau meminta kepada orang tua. Lalu, mau sampai kapan? Yuk, sesuaikan. Jika kamu ingin berhemat karena ada yang harus dibeli, yuk segerakan. Apapun itu, tetapkan tujuan.

2. Hitung dan Hitung

Tujuan sudah jelas. Kamu ingin hemat karena ingin menyesuaikan tingkat penghasilan dan ingin membeli sesuatu. Kemudian langkah selanjutnya adalah menulis besar penghasilanmu selama sebulan. Selanjutnya tulislah berbagai pengeluaranmu dalam sebulan. Kelompokkan berdasarkan jenis pengeluaran seperti makanan-minuman, transportasi, sewa rumah, dan lain sebagainya. Jika sudah, kurangi penghasilanmu dengan pengeluaranmu. Bagaimana hasilnya? Jika pengeluaranmu masih lebih rendah dari penghasilanmu, beruntungnya kamu. Jika masih lebih besar pengeluaran, mulai lihat perkategori, mana yang paling besar. Pilih dan kurangi minimal 5% pengeluaranmu. Kurangi lebih besar lebih bagus, artinya kamu bisa hemat lebih banyak. Tapi, ingatlah tetap realistis. Jangan sampai kamu mengurangi secara berlebihan. Misalnya, saat ini kamu sudah menggunakan angkutan umum, lalu kamu ingin jalan kaki untuk mengurangi biaya. Itu bukan masalah selama tidak mengganggu. Lalu, bagaimana jika dengan berjalan justru waktu kamu yang berharga justru terbuang? Jadi, realistis ya.

3. Rencanakan Apapun

Kamu ingin liburan, makan ke café, nonton film, atau melakukan hal lain yang mengeluarkan biaya? Sebaiknya rencanakan. Tidak harus menetapkan tanggal, tetapi tetapkan misalnya kamu ke café maksimal 3 kali sebulan. Jika sudah 3 kali dan ada temanmu mengajak ke café, carilah alasan untuk tidak ikut atau rekomendasikan melakukan hal seru lain tanpa harus ke café. Dengan merencakan hal-hal tersebut pasti kamu bisa hemat.

4. Cari Promo

Hari gini tak tahu ada promo? Kemana aja? Promo itu bertebaran di mana-mana. Lihatlah website groupon, lakupon, dan lainnya. Mereka menjual kupon promo berbagai tempat mulai dari tempat makan, café, nonton film, hingga salon. Dijamin harga kupon akan lebih murah dibandingkan kamu langsung membeli di tempatnya. Ajak teman kamu hemat juga dengan memanfaatkan kupon tersebut. Jangan khawatir karena penawaran promo selalu diperbarui setiap hari. Kamu juga bisa cek website atau datang langsung ke masing-masing tempat yang ingin kamu tuju. Beberapa tempat tidak melakuka promo melalui pihak ketiga seperti web kupon. Mereka biasanya menyediakan diskon langsung. Kuncinya adalah selalu update, maka kamu tetap bisa bergaya dengan harga jauh lebih murah dan hemat.

Promo beberapa aplikasi juga patut kamu lihat. Misalnya promo 'Go Food' untuk gratis antar. Daripada kamu pergi ke tempat yang jauh dan memerlukan ongkos lagi, lebih baik pesan dengan antar gratis. Bukankah nyaman dan hemat? Tentu saja masih banyak aplikasi lain mulai dari laundry hingga bersih-bersih. Jadi, rajinlah mencari tahu.

Jika kamu pengguna kartu kredit/debit, update selalu merchant-merchant yang sedang promosi dengan kartu kreditmu. Terkadang kamu bisa mendapat manfaat besar diskon hingga 75% dengan membayar menggunakan kartu kredit/debitmu. Jangan lewatkan itu.

5. Liburan Gratis

Duh, hari gini mana ada liburan gratis? Banyak kok. Kamu bisa pergi ke pantai, gunung, hutan wisata, museum, atau ikon-ikon kota dan desa. Mereka biasanya gratis. Kalaupun bayar bisa dipastikan tak akan menguras kantong. Kamu bisa foto-foto di tempat menarik dan update instagrammu dengan low budget atau bahkan gratis.

6. Datang ke Acara-Acara

Datanglah ke acara pesta teman. Bisa pesta ulang tahun, pernikahan, syukuran atau lainnya. Disana kamu bisa mendapat makan gratis. Ini memang tidak disarankan, tapi apa salahnya kalau kepepet? Asal jangan keseringan ya.
Buat kamu yang muslim, saat bulan puasa beberapa masjid atau mushala juga memberikan menu buka puasa dan sahur. Kamu boleh kesana jika memang masih ada karena memang itu diperuntukkan jamaah yang berpuasa dari para donator.

Lihat, hemat dan bergaya masih bisa kamu lakukan bersamaan. Dengan cara-cara yang mudah yang kamu bisa lakukan. Semoga akhirnya kamu bisa mengatur keuanganmu dengan baik, tetap bergaya, dan mencapai tujuanmu.



Tips Hidup Hemat dan Tetap Bahagia Tips Hidup Hemat dan Tetap Bahagia Reviewed by Admin on January 28, 2017 Rating: 5

No comments:

Comment in a good way. It is representing you.

Powered by Blogger.