Jenis-Jenis Text Bahasa Inggris | Descriptive | Report


Jenis Text Bahasa Inggris


Saat ini ada 13 jenis teks bahasa Inggris yang kita sering jumpai adalah Narrative Text, Descriptive Text, Recount Text, Report Text, Analytical Exposition Text, Hortatory Exposition Text, Procedure Text, Explanation Text, Discussion Text, News Item Text, Spoof Text Review Text, Anecdote Text. Semua jenis text ini dipakai mulai Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas untuk materi pelajaran Bahasa Inggris. Namun, sebenarnya Teks Bahasa Inggris dibagi menjadi 3 jenis teks besar, yaitu:
Jenis-Jenis Text Bahasa Inggris


Description

Jenis teks yang termasuk kedalam golongan Description adalah Descriptive Text, Report Text, dan Explanation Text yang mana teks jenis ini lebih fokus pada penggambaran dan penjelasan sesuatu. Teks jenis ini biasanya menggunakan kata-kata yang mengandung arti mendeskrpsikan, menggambarkan, dan menjelaskan.
Narration

Jenis teks yang termasuk kedalam golongan text narration  adalah Narrative Text, Recount Text, News Items Text,  dan Anecdote Text. Semua jenis tersebut di atas tergolong ke dalam Narration yang mana semua dari text tersebut berfungsi untuk menceritakan kembali sebuah kejadian atau peristiwa dan menginformasikan kepada para pembaca tentang suatu kejadian atau peristiwa.

Argumentation

Jenis teks yang termasuk ke dalam golongan Argumentation adalah Discussion Text, Analytical Exposition Text, Hortatory Exposition Text dan jenis teks ini lebih fokus kepada pendapat untuk mendukung atau malah tidak menyetujui suatu issue atau fenomena yang terjadi.

Berikut penjelasan singkatnya.

1.       DESCRIPTIVE

Teks Descriptive adalah teks yang menggambarkan seseorang, benda atau tempat tertentu sehingga pembaca dapat membayangkan seolah-olah yang diceritakan itu benar-benar nyata.

2.       NARRATIVE

Teks Narative adalah teks yang bercerita mengikuti alur waktu. Tujuan Komunikatif adalah Menghibur pendengar atau pembaca dengan pengalaman nyata atau khayal. Ciri naratif adalah adanya unsur konflik (masalah) dan resolusi (penyelesaian masalah).

3.       PROCEDURE

Teks Prosedure adalah teks yang menjelaskan dengan jelas cara membuat atau melakukan sesuatu. Tujuan komunikatif adalah memberi petunjuk cara melakukan sesuatu melalui serangkaian tindakan atau langkah.

4.       RECOUNT

Teks Recount adalah teks yang menceritakan kembali kejadian yang telah terjadi berurutan dengan menggunakan keterangan waktu yang jelas pada masa lampau. Tujuan komunikatif adalah Melaporkan peristiwa, kejadian atau kegiatan dengan tujuan memberitakan atau menghibur.

5.       REPORT

Teks Report memiliki kemiripan dengan teks deskriptif, teks report memberikan gambaran umum tentang sesuatu tidak mendetail seperti pada teks Deskriptif. Tujuan Komunikatif: Menyampaikan informasi tentang sesuatu, apa adanya, sebagai hasil pengamatan sistematis atau analisis.

6.       ANALYTICAL EXPOSITION

Analytical Exposition adalah jenis teks yang termasuk ke dalam jenis Argumentation Text dimana teks tersebut berisi tentang pemikiran terperinci penulis tentang sebuah penomena yang ada di sekitar. Fungsi sosial dari teks Analytical Exposition adalah untuk meyakinkan pembaca bahwa topik yang dihadirkan adalah topik yang penting untuk dibahas atau mendapat perhatian dengan cara pemberian argument-argument atau pendapat-pendapat yang mendukung main idea atau topik tersebut.

7.       HORTATORY EXPOSITION

Disebutkan dalam Concise Oxford Dictionary, Hortatory termasuk kata sifat (adjective) bermakna "tending or aiming to exhort" ("cenderung atau bertujuan mendorong / mendesak orang lain untuk melakukan sesuatu"). Sedangkan Exposition  bermakna "a comprehensive description and explanation of a theory" ("Penjelasan dan penjabaran sebuah teori secara komprehensif").

Jadi secara bahasa, jika disimpulkan, hortatory exposition adalah teks yang menjelaskan sebuah teori/masalah secara komprehensif dengan tujuan mendorong orang lain melakukan / tidak melakukan sesuatu.

8.       EXPLANATION TEXT

Explanation adalah sebuah teks yang berisi tentang proses-proses yang berhubungan dengan fenomena-fenomena alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya dan lainnya. Tujuan komunikatif dari explanation text adalah untuk menerangkan proses-proses yang terjadi dalam pembentukan sesuatu yang terkait dengan fenomena-fenomena alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya, dan lainnya yang bertujuan menjelaskan bagaimana atau mengapa hal tersebut bisa terjadi.

9.       DISCUSSION TEXT

Discussion text adalah sebuah tulisan yang memaparkan diskursus atau perdebatan sebuah masalah yang didiskusikan dari sudut pandang yang berbeda. Tulisan atau teks discussion ini biasanya kita dapati di dalam tulisan filsafat, sejarah dan sosial. Tujuan komunikatif discussion text adalah untuk menyajikan sebuah isu atau informasi dengan memaparkan beberapa pendapat para pakar yang dibidangnya dan biasanya pendapat yang dipaparkan tersebut bertentangan (pro dan kontra).

10.   NEWS ITEM

Dalam bahasa inggris, “news” berati berita. Tentunya hal ini tidak asing bagi kita. Beberapa ahli bahasa inggris mendefinisikan news item text sebagai berikut:

“News items is a text that informs the readers about newsworthy or important events of the day.”

News item text adalah suatu teks yang menginformasikan pembaca tentang peristiwa/kejadian sehari-hari yang layak diberitakan atau penting. Newsworthy yang berati layak untuk diberitakan, jadi tidak semua kejadian/peristiwa bisa diberitakan. Hanya kejadian atau peristiwa penting saja yang layak diberitakan. Jika peristiwa/kejadian itu tidak penting maka tidak layak untuk diberitakan dan diketahui banyak orang. Tujuan news items text adalah untuk menginformasikan pembaca tentang peristiwa/kejadian sehari-hari yang layak untuk diberitakan atau penting. Dan kejadian yang diberitakan biasanya adalah kejadian atau peristiwa terbaru.

11.   REVIEW TEXT

Secara harfiah, review bermakna tinjauan, ringkasan, atau tinjauan ulang. Jika ada frasa book review berarti bermakna tinjauan buku. Oleh karena itu, Review Text dapat diartikan sebagai teks yang bertujuan untuk meninjau, mengkritik, atau mengulas suatu karya atau kejadian di masyarakat, seperti buku, film, acara tv, produk kecantikan, mobil, hand phone, laptop, rekaman, konser dan sebagainya.

Tujuan Review Text adalah memberikan ulasan, tinjauan, bahkan kritik terhadap suatu karya seni, ilmiah, buku ataupun bentuk-bentuk lainnya agar diketahui oleh khalayak umum.

12.   ANECDOTE TEXT

Istilah anecdote berasal dari kata anekdota yang berarti tidak di publikasi atau tidak di anjurkan, artinya anecdota merupakan cerita rahasia pada jaman dahulu dan tidak untuk di publikasi pada khalayak ramai, namun kemudian cerita ini di plesetkan menjadi sebuah lelucon dalam bahasa inggris.

Fungsi dari anecdote adalah untuk menceritakan kejadian masa lampau yang unik dan lucu dan bertujuan untuk menghibur para pembaca hingga mereka tertawa dan merasa terhibur.

13.   SPOOF TEXT

Spoof text adalah sebuah teks yang menceritakan sebuah cerita yang terjadi pada masa lalu dengan akhir cerita yang lucu yang tidak dapat diprediksi atau diperkirakan. Jadi biasanya berisi anekdot, permainan kata yang lucu atau bisa jadi gabungan kedua-duanya.



Let’s learn a little deeper about those text. Akan tetapi, untuk kali ini mari kita bahas mengenai descriptive dan report text terlebih dahulu. Teks ini cukup mirip sehingga banyak orang keliru. Tapi ada cukup perbedaan besar.

1.       Descriptive Text


Teks Descriptive adalah teks yang menggambarkan seseorang, benda atau tempat tertentu sehingga pembaca dapat membayangkan seolah-olah yang diceritakan itu benar-benar nyata.

§  Struktur:

a.       Identification: Bagian ini – pada paragraf pertama – tujuannya adalah untuk mengidentifikasi sesuatu yang ingin dideskripsikan atau digambarkan. Penjelasan mudahnya, indentification berfungsi untuk memperkenalkan kepada pembaca tentang objek atau sesuatu yang akan kita gambarkan sebelum kita beritahu tentang sifat-sifatnya. Tujuannya agar jangan sampai pembaca salah orang. Kita mau menggambarkan mobil misalnya, tapi pembaca mengiranya motor.

Contoh: kamu diminta untuk menggambarkan mobil barumu, maka isi identification-nya adalah: Ayahku baru saja membelikan mobil baru. Mobil ini sebenarnya sudah lama aku idam-idamkan, tapi baru sekarang ayahku membelikannya. (Berarti yang akan digambarkan adalah mobilku, bukan mobil orang lain).

b.      Description: Bagian ini – pada paragraf kedua dan seterusnya – berisi tentang sifat-sifat yang melekat pada sesuatu yang sudah kamu kenalkan pada pembaca pada paragraf pertama.

Misal (melanjutkan tentang mobil di atas): Mobil baruku ini merupakan mobil sport keluaran terbaru dari Toyota. Jumlah bangkunya hanya dua, satu untuk sopir dan satunya untuk penumpang, begitu juga dengan pintunya. Mobil ini bisa melesat hingga kecepatan 500 km/jam, hampir sama dengan kecepatan pesawat berjenis Foker.

§  Ciri-Ciri Descriptive Text

Ciri-ciri ini penting untuk kamu perhatikan agar ketika menulis descriptive text tidak salah. Jadi pastikan kamu menggunakan ciri-ciri berikut ini ketika akan menulis menggunakan genre descriptive text:

a.       Menggunakan Simple Present Tense. Kenapa menggunakan simple present tense? hal ini karena kita akan menggambarkan sebuah fakta atau kebenaran yang melekat pada sesuatu atau orang. Dan salah satu fungsi dari simple present adalah untuk menggambarkan sebuah fakta atau kebenaran (contoh fakta: matahari itu panas). Oleh karena itu kamu harus selalu menggunakan kata kerja bentuk pertama (verb-1).

Misal kamu akan menggambarkan sifat-sifat mobil baru kamu: The color of my car is black, it can run up to 500 km/hour.

b.      Karena fungsinya adalah untuk menggambarkan sesuatu dengan menjelaskan sifat-sifatnya, maka dalam descriptive text akan banyak dijumpai kata sifat (adjective), seperti handsome, beautiful, tall, small, big, atau jika kata sifat tersebut berasal dari kata kerja, maka kamu akan mendapati tambahan -ve, -ing, -nt di belakangnya,

Contoh:

Create (membuat) > creative (orang yang pintar membuat sesuatu).

Interest (menarik) > interesting (sesuatu yang menarik)

c.       Dalam descriptive text kita juga akan sering menjumpai relating verb (kata kerja penghubung) yaitu is (seperti pada ciri nomor 1). Is dalam bahasa Indonesia sering diartikan dengan “adalah”. Karena tujuan atau fungsi descriptive text adalah untuk menggambarkan, maka pasti kita akan sering menjumpai kata adalah (is). His name is Andy (namanya adalah Andy), his height is 160 cm (tingginya adalah 160 cm).



Contoh Teks 1:

Borobudur Temple.

Borobudur is Hindu – Budhist temple. It was build in the nineth century under Sailendra dynasty of ancient Mataram kingdom. Borobudur is located in Magelang, Central Java, Indonesia.

Borobudur is well-known all over the world. Its construction is influenced by the Gupta architecture of India. The temple is constructed on a hill 46 m high and consist of eight step like stone terrace. The first five terrace are square and surrounded by walls adorned with Budist sculpture in bas-relief. The upper three are circular. Each of them is with a circle of bell shape-stupa. The entire adifice is crowned by a large stupa at the centre at the centre of the top circle. The way to the summit extends through some 4.8 km of passage and starways. The design of borobudur which symbolizes the structure of universe influences temples at Angkor, Cambodia.

Penjelasan:

a.       Paragraf pertama:

Identification, menggambarkan sepintas tentang Candi Borobudur yang akan dideskripsikan sehingga pembaca tidak akan salah paham tentang candi yang sedang dibicarakan. Bahwa candi yang dimaksud adalah candi yang bernama Borobudur, yang berlokasi di Magelang, Jawa Tengah.

b.      Paragraf kedua:

Description, berisi tentang penjelasan atau deskripsi Candi Borobudur dengan memaparkan sifat-sifatnya seperti:

– berada di bukit dengan ketinggian 46 meter dan terdiri dari 8 tingkat seperti teras.

– 5 tingkat pertama berbentuk kotak (square) dan dikelilingin tembok.

– 3 tingkat paling atas berbentuk bulat (circular).



Contoh  2: (Animal)

Papay

I have a cat in my house, the cat is male. I like call him “Papay”. He is an adorable cat, my cat is cute. His body is fat. He has black and white fur.

I really love to cuddle him because his fur feels soft. Every morning my mother gives a fish, sometime he usually scratches out my arm when I play with him. He is an active animal. He likes to run around the house. He likes to chase everyone in my house. When he feels tired or sleepy, he usually sleeps on the sofa in the living room or sometime under the table.

“Papay” often goes out to find for food at night. And sometime he brings a mouse on his mouth. Then he eats the mouse in the back of my house for himself.

Terjemahan

Saya memiliki kucing di rumah saya, kucingnya laki-laki . Saya suka memanggilnya ” Papay “. Dia adalah kucing yang menggemaskan, kucing saya sangat lucu. Tubuhnya gemuk. Dia memiliki bulu warna hitamt dan coklat.

Saya suka memeluk dia karena bulunya terasa lembut. Setiap pagi ibu saya memberikan ikan, kadang-kadang ia biasanya menggores lengan saya ketika saya bermain dengan dia. Dia adalah hewan yang aktif. Ia suka untuk berjalan di sekitar rumah. Ia suka mengejar semua orang di rumah saya. Ketika ia merasa lelah atau mengantuk, biasanya ia tidur di sofa di ruang tamu atau kadang di bawah meja.

” Papay” sering pergi keluar untuk menemukan makanan di malam hari . Dan kadang-kadang ia membawa tikus pada mulutnya. Lalu ia memakan tikus di belakang rumah.

  

2.       Report

Teks Report memiliki kemiripan dengan teks deskriptif, teks report memberikan gambaran umum tentang sesuatu tidak mendetail seperti pada teks Deskriptif. Misalnya kita sedang membicarakan gajah, maka kita akan membahas sifat, bentuk, karakter gajah pada umumnya.

Tujuan Komunikatif: Menyampaikan informasi tentang sesuatu, apa adanya, sebagai hasil pengamatan sistematis atau analisis. Jadi tidak fokus pada satu benda melainkan semua benda yang masuk dalam satu kategori. Intinya text Report berisi fakta-fakta sebuah objek yang bisa dibuktikan secara ilmiah.

§  Struktur:

Susunan umum atau Generic Structure pada umumnya terdiri dari urut-urutan sebagai berikut:

a.       General Clasification

Pernyataan umum yang menerangkan subjek laporan, keterangan, dan klasifikasinya. 

b.      Description

tells what the phenomenon under discussion; in terms of parts, qualities, habits or behaviors. Pada bagian ini biasanya memberikan gambaran fenomena-fenomena yang terjadi, baik bagian-bagiannya, sifat-sifatnya, kebiasaannya, ataupun tingkah lakunya. Intinya adalah penjabaran dari klasifikasi yang disajikan dengan ilmiah.

§  Ciri-ciri Report Text

a.       Karena bertujuan mengungkap gambaran tentang sesuatu berdasarkan kajian ilmiah, maka biasanya menggunakan bahasa ilmiah.

b.      Dan karena berisi fakta-fakta ilmiah tersebutlah, maka report text didominasi oleh simple present tense.

c.       Judulnya akan terlihat umum, seperti Playing Football dan bukan Manchester Football Club.

d.      Biasanya disertai gambar, data statistik berupa diagram atau peta untuk meyakinkan bahwa hasil penelitiannya dilakukan secara ilmiah.



Contoh 1:

Komodo Dragon

Komodo dragons have thrived in the harsh climate of Indonesia’s Lesser Sunda Islands for millions of years, although amazingly, their existence was unknown to humans until about 100 years ago.

Reaching 10 feet (3 meters) in length and more than 300 pounds (136 kilograms), Komodo dragons are the heaviest lizards on Earth. They have long, flat heads with rounded snouts, scaly skin, bowed legs, and huge, muscular tails.

As the dominant predators on the handful of islands they inhabit, they will eat almost anything, including carrion, deer, pigs, smaller dragons, and even large water buffalo and humans. When hunting, Komodo dragons rely on camouflage and patience, lying in wait for passing prey. When a victim ambles by, the dragon springs, using its powerful legs, sharp claws and serrated, shark-like teeth to eviscerate its prey.

Animals that escape the jaws of a Komodo will only feel lucky briefly. Dragon saliva teems with over 50 strains of bacteria, and within 24 hours, the stricken creature usually dies of blood poisoning. Dragons calmly follow an escapee for miles as the bacteria takes effect, using their keen sense of smell to hone in on the corpse. A dragon can eat a whopping 80 percent of its body weight in a single feeding.

There is a stable population of about 3,000 to 5,000 Komodo dragons on the islands of Komodo, Gila Motang, Rinca, and Flores. However, a dearth of egg-laying females, poaching, human encroachment, and natural disasters has driven the species to endangered status.

Sumber: http://animals.nationalgeographic.com/

Penjelasan:

a.       Paragraf pertama:

General Classification. Berisi pengenalan objek bahwa Komodo adalah binatang yang telah ada sejak berjuta-juta tahun yang lalu.

b.      Pada paragraf kedua dan seterusnya:

Description. Berisi tentang bentuk fisik Komodo meliputi panjang, berat, maupun ciri fisiknya dan kebiasaannya mencari makan serta statistik populasi habitat Komodo di berbagai daerah.



v  Perbedaan antara Descriptive Text dan Report Text



Beberapa jenis teks bahasa Inggris (Types of Text) cukup sulit untuk di bedakan. Seperti halnya Descriptive Text dan Report Text yang mempunyai kesamaan dalam hal tujuan komunikatif (Social Function) dan struktur kalimatnya (Generic Structure). Tetapi jika kita menganalisisnya dengan cermat, perbedaan antara ke-duanya akan nampak.



Tujuan dari kedua teks tersebut adalah untuk memberikan deskripsi langsung mengenai objek. Antara Descriptive Text dan Report Text lebih mencoba untuk menunjukan dari pada memberitahu pembaca tentang kondisi fakta dari objek tersebut. Pembaca dengan sendirinya akan menangkap point yang mengesankan dari objek tersebut melalui penunjukan gaya penulisan. Yang membuat berbeda antara Descriptive Text dan Report Text adalah pada cakupan penulisan objek. Jika kita berbicara tentang misalkan sepeda yang di tulis dalam bentuk Report Text, teks tersebut akan berbicara mengenai sepeda secara umum; bagian-bagiannya, kekuatannya, dan fungsinya secara umum selayaknya sepeda. Sedangkan jika sepeda dideskripsikan dengan Descriptive Text, maka sepeda tersebut merujuk ke jenis speda tertentu misalnya sepeda gunung, sepeda balap dan yang lainnya, yang tentunya dengan ciri-ciri sertifikasi-nya; warna, jenis roda, warna, dll.



Singkatnya, Report Text mendeskripsikan sesuatu yang biasanya merujuk kepada gejala-gejala alam, hewan, dan benda ilmiah. Report Text ditulis setelah mendapatkan obeservasi secara cermat. Hal ilmiah dan teknikal inilah yang membuat perbedaan yang jelas dari Descriptive Text.

Jenis-Jenis Text Bahasa Inggris | Descriptive | Report Jenis-Jenis Text Bahasa Inggris | Descriptive | Report Reviewed by Admin on February 03, 2017 Rating: 5

No comments:

Comment in a good way. It is representing you.

Powered by Blogger.